Konsultasi Sistem Manajemen merupakan salah satu produk layanan dari PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Pusdiklat). Fungsi utamanya menyediakan layanan konsultasi khususnya terkait implementasi sistem manajemen untuk memberikan nilai tambah pada unit organisasi PLN Grup. Sampai dengan 2024 tercatat baru 31 unit (40% dari total unit PLN Grup) menjadi klien konsultasi PLN Pusdiklat. Adanya program strategis PT PLN (Persero) dengan tema “Moonshot”, menuntut PLN Pusdiklat harus membuat strategi untuk melayani konsultasi ke organisasi eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan kemudahan akses informasi terhadap keputusan pengguna dalam menggunakan jasa konsultasi sistem manajemen PLN Pusdiklat. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisa kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan software SPSS. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah responden yang terkumpul pada penelitian ini sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna, (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna, (3) kemudahan akses informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengguna, (4) secara simultan promosi, kualitas pelayanan, dan kemudahan akses informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna dalam menggunakan jasa konsultasi sistem manajemen di PT PLN (Persero) Pusdiklat.
Copyrights © 2025