AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan seni di TK Bella Desa Ulu Gajah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 guru, 4 siswa, dan 3 orang tua sebagai informan. Objek penelitian ini adalah pengembangan kreativitas siswa melalui kegiatan seni. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas anak melalui kegiatan seni seperti melukis, menari, bernyanyi, dan kerajinan tangan berjalan efektif meskipun sarana terbatas. Guru memanfaatkan bahan lokal dan memberikan kebebasan berekspresi, sehingga anak-anak menunjukkan peningkatan kreativitas, rasa percaya diri, keberanian, serta keterampilan sosial-emosional. Dukungan orang tua dan penggunaan media kontekstual semakin memperkuat efektivitas pembelajaran seni. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa kegiatan seni merupakan sarana penting dalam pendidikan anak usia dini untuk menumbuhkan kreativitas dan kemampuan kognitif, sosial, serta emosional secara holistik.Kata kunci: Kreativitas Siswa, Kegiatan SeniĀ
Copyrights © 2025