Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7, No 5 (2025): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Penerapan Pewarnaan Graf dan Metode Webster dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas pada Persimpangan Metro Jalan MT. Haryono Kota Semarang

Safitri, Fristy Aulia (Unknown)
Rosyida, Isnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Welch-Powell pada pewarnaan graf dalam pengaturan fase lalu lintas di persimpangan Metro Kota Semarang, menentukan durasi lampu lalu lintas di persimpangan Metro dengan metode Webster, dan menganalisis galat dari perhitungan durasi lampu merah dan hijau tersebut. Metode yang digunakan adalah pewarnaan graf menggunakan algoritma Welch-Powell dan metode Webster. Hasil penelitian diperoleh pengaturan lampu lalu lintas pagi dan sore hari sebanyak 4 fase dengan fase 1 meliputi arus dari Jalan MT. Haryono (selatan) dan Jalan MT. Haryono (utara) ke selatan dengan durasi lampu hijau 57 detik dan merah 83 detik pada pagi hari serta durasi lampu hijau 72 detik dan merah 103 detik pada sore hari. Fase 2 meliputi arus dari Jalan Lamper sari dengan durasi lampu hijau 26 detik dan merah 114 detik pada pagi hari serta durasi lampu hijau 26 detik dan merah 149 detik pada sore hari. Fase 3 meliputi arus dari Jalan MT. Haryono (utara) ke barat dengan dengan durasi lampu hijau 20 detik dan merah 120 detik pada pagi hari serta durasi lampu hijau 21 detik dan merah 154 detik pada sore hari. Fase 4 meliputi arus dari Jalan Sriwijaya dengan dengan durasi lampu hijau 29 detik dan merah 111 detik pada pagi hari serta durasi lampu hijau 48 detik dan merah 127 detik pada sore hari. Hasil perhitungan galat durasi lampu lalu lintas, diperoleh perhitungan galat durasi lampu merah dan hijau cukup kecil baik pada pagi maupun sore hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...