Komunikasia: Journal of Islamic Communication and Broadcasting
Vol 5 No 1 (2025): Juli 2025

Strategi Public Relations Perumda Tirta Pakuan Bogor dalam Mempertahankan Citra melalui Instagram

Islami, Febi Aurelia (Unknown)
Hadiyanto, Hadiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini membahas strategi Public Relations (PR) Perumda Tirta Pakuan Bogor dalam mempertahankan citra perusahaan melalui Instagram. Di era digital, perusahaan layanan publik menghadapi tantangan besar dalam menjaga reputasi, terutama saat informasi negatif cepat menyebar. Menggunakan teori Cyber Public Relations Bob Julius Onggo yang mencakup enam elemen komunikasi digital, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasilnya menunjukkan bahwa PR Perumda Tirta Pakuan aktif memanfaatkan Instagram untuk menyampaikan informasi, merespons keluhan, dan menjalin interaksi dengan pelanggan. Strategi yang diterapkan meliputi kalender konten bulanan, respon cepat 24 jam via DM, Instagram Ads, program interaktif seperti “Kuis Akhir Pekan Sobat Tika”, serta pengelolaan kritik secara konstruktif. Media sosial dipilih karena lebih efisien secara biaya. Strategi ini terbukti efektif membangun citra perusahaan yang informatif, responsif, dan modern di tengah dinamika media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

It accommodates the actual and significant interdisciplinary and integration in the field of Islamic studies, communications, media and technologies conducted by academicians through various literature reviews (library research) or field ...