Chatbot populer dalam interaksi manusia-mesin dan efektif dalam layanan pelanggan, bantuan pengguna, dan pengelolaan informasi. Pengembangannya meliputi pengumpulan data pertanyaan, pem-rosesan teks, dan penerapan algoritma TF-IDF untuk mengekstrak in-formasi relevan dari dataset. Penelitian ini mengkaji penerapan algo-ritma TF-IDF pada chatbot Telegram menggunakan dataset yang terdiri dari 94 dokumen dan 300 data uji. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa algoritma TF-IDF menghasilkan 268 respons yang relevan dan akurat, 12 respons yang tidak relevan namun tetap diberikan, dan 32 respons yang seharusnya relevan tetapi tidak ditemukan. Penggunaan algoritma TF-IDF, yang memberikan pembobotan pada kata-kata berdasarkan pentingnya dalam dokumen, menunjukkan akurasi yang cukup baik. Hasil ini didukung oleh pengujian relevansi menggunakan metrik umum dalam bidang information retrieval, yang menghasilkan nilai precision sebesar 95,71%, recall sebesar 89,33%, dan F1-Score sebesar 92,4%. Dengan nilai-nilai tersebut, kinerja chat-bot Telegram dinilai sangat baik dalam memberikan respons.
Copyrights © 2025