AbstrakDesa Kemantrenrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan merupakan desa yang secara geografis sangat strategis karena terletak di jalur Pantura Surabaya–Probolinggo. Desa ini memiliki potensi yang besar, khususnya di sektor pertanian, peternakan, serta sektor informal seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, potensi besar tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Salah satu tantangan utama yang dihadapi Desa Kemantrenrejo saat ini adalah masih lemahnya pengembangan UMKM. Banyak pelaku UMKM yang mengalami hambatan dalam hal manajemen usaha, pemasaran produk, pengemasan, akses permodalan, hingga pemanfaatan teknologi digital. Hal ini menyebabkan daya saing produk lokal masih rendah dan belum mampu menembus pasar yang lebih luas, baik secara regional maupun digital. Berdasarkan survey lokasi yang telah kami lakukan di desa Kemntrenrejo terdapat sepuluh UMKM yang aktif melakukan kegiatan usaha. Tujuan pengabdian ini untuk membantu menyelesaikan permasalahan pelaku UMKM terkait masih lemahnya pemasaran produk mereka sehingga kami memberikan solusi dengan memebrikan pelatihan dan pendampingan digital marketing. Metode yang kami lakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu lewat strategi partisipatif dimana pelaku UMKM ikut serta secara langsung saat proses perencanaan kegiatan lewat wawancara guna mengidentifikasi permasalahan yang ada, FGD (Focus Grup Discussion), serta menetapkan keputusan tindak lanjut sebagai solusi menyelesaikan permasalahan. Hasil dari kegiatan ini kami telah membuatkan logo bagi pelaku UMKM sehingga produk mereka dapat dikenal oleh calon konsumen dan dengan pelatihan dan pendampingan digital marketing pelaku UMKM dapat memasarkan produk mereka ke marketplace shopee harapannya dengan pemasaran produk mereka ke marketplace dapat memperluas jangkauan pemasaran sehingga meningkatkan pendapatan mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025