Sarung tenun Buton khas Desa Wabula merupakan salah satu kerajinan tangan yang sangat perlu diperhatikan. Salah satu yang perlu ditingkatkan adalah aspek pemasarannya. Aspek pemasaran sarung tenun tersebut dapat ditingkatkan melalui pemasaran melalui aplikasi berbasis website. Aplikasi penjualan menggunakan website diharapkan mampu menjangkau pasaran lokal, nasional maupun mancanegara. Pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahapan seperti analisis kebutuhan, penerapan aplikasi, evaluasi kegiatan dan pelaporan. Analisis kebutuhan dilaksanakan untuk menentukan jadwal pelaksanan serta logisitik dan susunan acara pelaksanaan. Penerapan aplikasi dilaksanakan untuk memberikan cara pengoperasian aplikasi sistem informasi penjualan. Jumlah mitra sebanyak 6 orang, pelaksanaan kegiatan pada tanggal 17-18 April 2025. Evaluasi kegiatan bertujuan untuk mengukur kemampuan mitra dalam mengoperasikan aplikasi. Hasil kegiatan menjukkan bahwa mitra mampu mengoperasikan aplikasi dengan baik. Hal ini terlihat dari kuesioner yang terukur dengan hasil berupa kategori mampu sebesar 16,67% serta kategori sangat mampu sebesar 83,33%. Pengembangan lebih lanjut dengan adanya dukungan dari pemerintah dengan memberikan bantuan dana atau pelatihan penggunaan media sosial dalam meningkatkan penjualan sarung tenun khas wabula. Hal ini bertujuan agar sarung tenun Buton khas Wabula tetap eksis dan mampu bersaing di pasar lokal, nasional maupun mancanegara.
Copyrights © 2025