Abdimas Galuh : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 7, No 2 (2025): September 2025

Optimalisasi Aspek Produksi dan Pemasaran pada BUMDes Melalui Peningkatan Kualitas Produk dan Digital Marketing

Zahara, Soffa (Unknown)
Muslimin, Mohammad (Unknown)
Astutik, Rini Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Aspek mutu produksi dan pemasaran pada produk unggulan desa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pengelolaan keberlanjutan dan eksistensi usaha di BUMDes. BUMDes Kabatren Sejahtera melakukan valuasi ekonomi dari pengolahan limbah organik maupun anorganik yang menghasilkan berbagai produk salah satunya yaitu paving. Kendala yang dihadapi yaitu belum optimalnya produk paving yang berasal dari residu pembakaran sampah dan teknik pemasaran yang masih konvensional. Tujuan pelaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan peningkatan kualitas mutu paving menggunakan metode Fishbone sehingga dapat diketahui komponen penyebab penurunan kualitas produk secara sistematis dan dapat dilakukan perencanaan solusi yang efektif dan efisien. Selain itu peningkatan di bidang pemasaran bertujuan memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan digital marketing menggunakan aplikasi website profil produk BUMDes sehingga produk dan jasa yang dimiliki dapat menjangkau luar wilayah dan meningkatkan citra BUMDes. Capaian dari kegiatan ini yaitu mitra mampu membuat dokumen analisa kualitas disertai peningkatan kemampuan dalam pengelolaan website untuk branding, penguatan identitas produk dan jasa usaha, dan perluasan jangkauan pemasaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimasgaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

Abdimas Galuh memuat artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari para dosen maupun pengabdi lainnya dari berbagai institusi terkait penelitian dan pengabdian pada ...