Penelitian ini secara sistematis mengintegrasikan program hafalan Al-Qur'an (tahfidz) dengan pengembangan bakat dan minat siswa dalam membentuk karakter Islami di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber data dari publikasi ilmiah terindeks yang diterbitkan antara tahun 2014 dan 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sekolah, baik umum maupun keagamaan, memiliki peran strategis dalam mendukung keterampilan dasar siswa sekaligus memperkuat pembentukan karakter. Mengintegrasikan program tahfidz dengan kegiatan literasi telah menumbuhkan kesadaran beribadah, memperkaya pengalaman spiritual, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Temuan lain menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi digital dapat memperluas jangkauan literasi agama dan meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program tahfidz tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kemampuan hafalan Al-Qur'an siswa tetapi juga berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter Islami, seperti disiplin, tanggung jawab, jujur, dan tekun. Penguatan keterampilan literasi dasar sebagai landasan pengembangan bakat dan minat, integrasi literasi agama dengan pendidikan karakter untuk menumbuhkan sikap positif, dan pemanfaatan literasi digital untuk mendukung praktik dan pembelajaran keagamaan. Pengembangan bakat dan minat siswa secara sistematis, berlandaskan nilai-nilai spiritual, terbukti memperkuat aspek afektif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, integrasi program tahfidz dengan pengembangan potensi siswa merupakan strategi yang efektif untuk memperkuat pendidikan karakter Islam di jenjang sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025