Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Analisis Instrumen Diagnostik Three Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar

Hidayah, Siti Nur (Unknown)
Fakhriyah, Fina (Unknown)
Sulistyorini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis instrumen tes diagnostik berbentuk Three Tier Multiple Choice Test guna mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas V SD pada materi organ pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen tes terdiri dari 10 soal pilihan ganda tiga tingkat yang mencakup: jawaban konseptual, alasan jawaban, dan tingkat keyakinan siswa. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas V SD di salah satu sekolah dasar negeri di kabupaten Rembang. Hasil analisis siswa menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi tergolong tinggi, terutama pada konsep fungsi organ pernapasan dan mekanisme pernapasan manusia. Dari hasil analisis miskonsepsi 70% siswa masuk dalam kategori miskonsepsi sedang-tinggi. Instrumen ini terbukti efektif untuk mengidentifikasi miskonsepsi secara akurat, serta dapat digunakan sebagai alat evaluasi formatif untuk mendukung pembelajaran yang berorientasi pada perbaikan pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan media pembelajaran yang sesuai kebutuhan sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dasar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...