Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Analisis Kualitas Buku Bahasa Indonesia Kelas Tinggi Bab 2 Berbasis Kelayakan Buku BSNP

Tama, Adinda Tiara (Unknown)
Purwati, Panca Dewi (Unknown)
Nurahman, Rezqi Iman (Unknown)
Syafii, Muhammad Andra (Unknown)
Basik, Dorin Basik (Unknown)
Giay, Febbiola Gloria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan Bab 2 buku ajar Bahasa Indonesia berjudul “Musisi Indonesia”, yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2022, untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Analisis dilakukan berdasarkan empat kriteria kelayakan buku ajar menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan tampilan/kegrafikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis dokumen. Fokus kajian diarahkan pada representasi tokoh Joey Alexander dan Eko Supriyanto sebagai musisi Indonesia yang berhasil di tingkat internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi isi, materi dalam bab ini relevan dengan penguatan nilai karakter, mencerminkan konteks budaya lokal dan global, serta menampilkan figur inspiratif bagi siswa. Dari aspek kebahasaan, teks menggunakan bahasa komunikatif dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa sekolah dasar, meskipun terdapat beberapa kesalahan teknis fonologis yang perlu diperbaiki. Aspek penyajian dinilai sistematis, interaktif, serta mampu mendukung pembelajaran aktif melalui aktivitas membaca, berdiskusi, dan refleksi. Sementara itu, dari sisi tampilan/kegrafikan, desain visual yang digunakan menarik, proporsional, dan mendukung pemahaman isi bacaan, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, Bab 2 buku ajar “Musisi Indonesia” layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar dengan catatan adanya perbaikan minor pada aspek kebahasaan. Selain berkontribusi terhadap peningkatan literasi siswa, materi ini juga menumbuhkan rasa bangga terhadap identitas nasional sekaligus memperkenalkan potensi bangsa di kancah global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...