Dalam perkembanganya Media Masa merupakan sebuah instrument besar dalam menyokong perkembangan bangsa ini. Peran media masa sebagai sarana penyampaian informasi kepada masayrakat sangatlah penting. Dalam perkembanganya media masa bukan sekadar saran informasi namun juga mampu menjalankan fungsi lainya sebagai sarana Social Learning. Mengingat bahwasanya media masa merupakan instrumen dalam merangsang pikiran masayarakat untuk bersikap medalam menyikapi sebuah fenomena. Penelitian ini melihat bagaimanan peran Kalteng Postsebagai media lokal untuk melaksanakan Social Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Deskriptif kualitatif. Pemilihan umum merupakan sebuah fenomena penting yang harus disikapi dan memerlukan proses sosialisasi yang baik. Mengingat bahwasanya pemilu adalah sebuah momentum dimana masayarakat menyalurkan aspirasi melalui para wakilnya 5 tahun kedepan. Disinilah media masa bermain dan menjalankan peranya untuk menyampaikan informasai sekaligus memberikan social Learning pada masyarakat. Salah satu media masa yang melakukanya adalah media masa cetak seperti Surat Kabar. Social Learning dilaksanakan oleh media cetak dengan melakukan perimbangan dalam pemberitaanya, dimana berita mengenai pelaksanaan pemilu diikuti dengan himbauan oleh pihak pelaksana. Seringkali aspek pemberitaan terjebak dalam kemelut kepentingan serta selera pasar. Hambatan ini muncul mengingat bahwa surat kabar merupakan sebuah produk dari badan usaha yang bertujuan mencari keuntungan dari besaran penjualan produk mereka. Masyarakat yang lebih cenderung menyukai hal-hal populis ini memaksa surat kabar untuk memberitan pemberitaan yang populis pula. Sering kali berita berisi sosialisasi atau himbauan kurang disukai atau dibaca oleh masyarakat, sehingga proses Social Learning mengalami hambatan. Disisi lain berbagai kepentingan masuk dalam pemberitaan masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025