E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 16, No 3 (2025): E-DIMAS

Pelatihan Pemanfaatan Literasi Digital Berbasis Noveltoon bagi Guru Bahasa Indonesia sebagai Media Pembelajaran Sastra

Damayanti, Welsi (Unknown)
Cahyani, Isah (Unknown)
Halimah, Halimah (Unknown)
Yulianeta, Yulianeta (Unknown)
Hamidah, Siti (Unknown)
Damaianti, Vismaia S (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

NovelToon, sebagai platform digital yang menawarkan cerita bergambar yang menarik, menyediakan peluang baru bagi guru Bahasa Indonesia untuk memperkaya pengajaran sastra. Penelitian ini menyelidiki berbagai tantangan dan peluang yang muncul dari penggunaan NovelToon dalam pendidikan sastra di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan survei yang dilakukan pada guru-guru Bahasa Indonesia di berbagai sekolah di Indonesia khususnya guru Bahasa Indonesia yang tergabung dalam organisasi MGMP Kecamatan Buleleng, Singaraja Bali. Hasilnya menunjukkan bahwa NovelToon dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan materi sastra melalui visual yang menarik dan narasi yang relatable. Platform ini juga memungkinkan interaksi yang lebih dinamis antara teks dan pembaca, yang membantu memperdalam pemahaman konseptual dan analitis siswa terhadap karya sastra. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan, termasuk kurangnya konten yang sesuai dengan kurikulum lokal, keterbatasan akses teknologi di beberapa wilayah, dan kebutuhan pelatihan guru yang lebih komprehensif untuk memanfaatkan platform ini secara efektif. Penelitian ini menawarkan beberapa rekomendasi untuk mengatasi tantangan ini, termasuk pengembangan konten yang lebih beragam dan relevan dengan konteks Indonesia, serta kerja sama yang lebih erat antara pengembang platform, pendidik, dan pembuat kebijakan. Studi ini berkontribusi pada literatur yang ada dengan mengungkapkan potensi NovelToon sebagai alat pembelajaran sastra yang inovatif, sambil juga menyoroti pentingnya dukungan infrastruktur dan kebijakan pendidikan yang memadai untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...