Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 1 (2025): BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat

PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MELALUI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS KECERDASAN BUATAN

Laeli Budiarti (Unknown)
Pertiwi, Aulia Hilda (Unknown)
Khoerunnisa, Gina Pertiwi (Unknown)
Permata, Alyssa Devi (Unknown)
Al-lust, Ilma Dhiyaulhayi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM di Kecamatan Rakit, Banjarnegara dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk pemasaran digital. Metode pelaksanaan mencakup penyampaian materi, praktik langsung, dan pendampingan intensif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman peserta terhadap strategi digital marketing berbasis AI, kemampuan membuat konten kreatif, dan pemanfaatan alat analisis data untuk meningkatkan kinerja usaha. Peningkatan penjualan, interaksi pelanggan, dan kepuasan peserta juga tercatat sebagai indikator keberhasilan program. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mempercepat transformasi digital UMKM serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan. Abstract This community service program aimed to enhance the understanding and skills of MSMEs in Rakit Subdistrict, Banjarnegara, in utilizing artificial intelligence (AI) for digital marketing. The implementation methods included material presentation, hands-on practice, and intensive mentoring. The results demonstrated a significant improvement in participants' understanding of AI-based digital marketing strategies, the ability to create creative content, and the utilization of data analysis tools to improve business performance. Increased sales, customer engagement, and participant satisfaction were also recorded as indicators of the program's success. This activity is expected to serve as a starting point to accelerate the digital transformation of MSMEs and support sustainable local economic growth. Kata kunci: UMKM, Digitalisasi Pemasaran, AI, Transformasi Digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JAIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh LPPM STIE AAS. Terbit pertama pada bulan Oktober 2019. BUDIMAS memuat hasil pengabdian kepada masyarakat dalam segala bidang. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, ...