Kemampuan berhitung merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika di tingkat PendidikanDasar, terutama bagi siswa kelas 1. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan karena metodepembelajaran yang tidak cocok dengan tahap perkembangan mereka. Artikel ini membahas penggunaanpendekatan deep learning dalam pembelajaran berhitung sebagai solusi yang lebih efektif. Untukmewujudkan sasaran yang telah direncanakan, penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka yangmenganalisis berbagai jurnal dan publikasi ilmiah yang diterbitkan pada rentang tahun 2020 hingga 2025.Pendekatan deep learning berfokus pada pemahaman konsep yang mendalam, keterlibatan siswa, sertapembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Studi ini mengungkap bahwa penerapan pendekatan yangdimaksud mampu mengembangkan keterampilan berhitung siswa secara menyeluruh, baik dalam aspekpengetahuan, sikap, maupun interaksi sosial. Siswa tidak hanya memahami langkah langkah berhitung,tetapi juga makna dari operasi matematika yang dilakukan. Dengan demikian, pendekatan ini menawarkanpotensi besar untuk diterapkan di jenjang pendidikan dasar sebagai upaya meningkatkan kualitaspembelajaran matematika secara menyeluruh.Kata Kunci: Berhitung, Pembelajaran Deep Learning, pembelajaran matematika, siswa kelas 1 SD
Copyrights © 2025