Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2: OKTOBER (2025)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN KANTONG BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH

Mariyam (Unknown)
Guna Utama, Erdi (Unknown)
hayati, neisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

ABSTRAK Neisa Hayati: Pengaruh Penggunaan Media Papan Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Mata Pelajaran Materi Bilangan Cacah. Skripsi ISBI Singkawang, 2025.            Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menguji ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara kelas yang menggunakan media papan kantong bilangan dengan yang yang tidak menggunakan media papan kantong bilangan pada pembelajaran matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri 8 Singkawang. 2) Seberapa besar pengaruh penggunaan media papan kantong bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri 8 Singkawang. 3) Bagaimanakah respon siswa terhadap penggunaan media papan kantong bilangan pada mata pelajaran matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri 8 Singkawang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Nonequivalent posstest-Only Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non-Probability Sampling dengan sampel jenuh yaitu siswa kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu Independent Two Sampel T-Test untuk mengetahui rata – rata peningkatan pemahaman konsep matematis, selanjutnya uji persentase untuk melihat respon siswa setelah menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara kelas yang menggunakan media papan kantong bilangan dan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung siswa kelas IV. 2) Penggunaan media papan kantong bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV berpengaruh besar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. 3) Respon siswa tergolong positif setelah diterapkannya media papan kantong bilangan. Kata Kunci: Media Papan Kantong Bilangan, Pemahaman Konsep Matematis, Bilangan Cacah.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...