Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran VAK ( Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap pemahaman konsep dan respon afektif siswa dalam pembelajaran matematika kelas II SDN Prapag lor 01. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan metode quasi experimental design, jenis nonequivalent control group design dengan desain pretest – posttest dan kelompok control. Kelas eksperimen diajrkan menggunakan model VAK, sedangkan kelas control yang menggunakan metode konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep antara kedua kelas. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,381 > t tabel 2,021, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Untuk respon afektif siswa, diperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 3,594 > t tabel 2,021, yang membuktikan bahwa model VAK juga berpengaruh signifikan terhadap sikap positif siswa. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model VAK terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep serta membentuk respon afektif positif pada siswa dalam pembelajaran matematika dibandingkan metode konvesional karena mampu meningkatkan pemahaman konsep sekaligus membentuk respon afektif yang positif, aktif, dan menyenangkan dalam pembelajaran. Kata Kunci: model VAK, Pemahaman konsep, Respon afektif, Matematika.
Copyrights © 2025