Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas gerak berirama melalui media audio visual pada siswa kelas III SDIT Al Muhajirin Koja. Aspek yang menjadi penilaian ketrampilan gerak adalah pandangan, gerakan lengan, tungkai, badan, dan irama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini menjadi subjek adalah siswa SDIT Al Muhajirin Koja kelas III yang berjumlah 28 orang di bagi menjadi beberapa kelompok, kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan teman sejawat, guru dan juga kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan data dan deskripsi data diperoleh dari kesimpulan : keterampilan gerak berirama dapat dilihat pada persentase rata-rata skala. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan untuk siswa yaitu yang semula kategori sangat baik 0,0% menjadi 39,3%, kategori baik 7,0% menjadi 60,7%, dan kategori kurang 21,5% menjadi 0%, kategori sangat kurang dari 71,5% menjadi 0%. Hasil persentase siklus 1 sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini peneliti dapat mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan audio visual pada materi aktivitas gerak berirama siswa kelas III SDIT Al Muhajirin Koja.
Copyrights © 2025