EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 10, No 2 (2025): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTsN 1 TAPANULI SELATAN

Masyihtoh S, Reski (Unknown)
Suparni, Suparni (Unknown)
Amir, Almira (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Kemampuan literasi matematika siswa di MTsN 1 Tapanuli Selatan masih rendah, terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan siswa kurang memahami konsep matematika dan kesulitan mengaitkan informasi dengan konsep yang relevan. Hal ini diperparah oleh media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Flipbook berbantuan Canva yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematika siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Validasi oleh ahli menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 95% (sangat valid), kepraktisan oleh guru dan siswa sebesar 90% (sangat praktis), serta efektivitas berdasarkan peningkatan skor pretest dari 15,65 menjadi 60,70 (efektif). Kebaruan penelitian ini terletak pada penggunaan Canva dalam pengembangan Flipbook berbasis konteks kehidupan nyata di jenjang MTs. Hasil penelitian menunjukkan media ini layak digunakan dalam pembelajaran. Kontribusinya adalah menyediakan solusi konkret berupa media digital yang inovatif dan kontekstual untuk meningkatkan literasi matematika siswa, serta menjadi referensi bagi pengembangan media pembelajaran yang mendukung kompetensi abad 21, seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, dan koneksi matematika dengan kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...