meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi perkalian dasar. JumpTrix merupakan media interaktif berbasis permainan tradisional engklek yang dirancang dengan pendekatan multisensoris, mencakup visual, auditori, dan kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen. Sebanyak sembilan siswa kelas III SD diikutsertakan sebagai sampel melalui teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir menggunakan soal perkalian dasar. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan distribusi data yang memenuhi syarat untuk uji parametrik. Analisis menggunakan Paired Sample t-Test memperlihatkan adanya peningkatan skor yang signifikan setelah perlakuan (t = -2,884; p = 0,020) dan hubungan yang sangat kuat antara pre-test dan post-test (r = 0,910; p = 0,001). Kesimpulan dari temuan ini menunjukkan bahwa JumpTrix efektif sebagai media pembelajaran kontekstual yang mendukung proses belajar matematika dasar secara menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak.
Copyrights © 2025