Dengan skor pretest rata-rata hanya 53,4 dari 100, siswa di MTsN 1 Tapanuli Selatan terus memiliki hasil belajar yang relatif rendah dalam matematika, sebagaimana dibuktikan oleh kinerja mereka yang buruk pada topik bilangan bulat dan pecahan. Menggunakan bahan ajar yang kurang menarik dan kontekstual merupakan salah satu faktor penyebabnya. Tujuan dari proyek ini adalah menggunakan Flipbook Maker untuk membuat bahan ajar kontekstual yang akan meningkatkan literasi matematika siswa kelas tujuh. Paradigma pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) digunakan dalam metodologi penelitian ini. Ujian, kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Kelompok sangat valid mencakup persyaratan validitas masing-masing 87,5% dan 90%, sebagaimana ditentukan oleh validasi oleh ahli media dan ahli materi. Baik guru maupun siswa mengikuti uji praktikalitas media. Dengan menggunakan kategori sangat valid, nilai persentase rata-rata praktikalitas pengguna media 87,5% ditentukan. Dengan skor posttest rata-rata 82,6, peningkatan 29,2 poin, uji coba terbatas terhadap 20 siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar. Hasilnya, media flipbook yang berfokus pada konteks ini dianggap asli, bermanfaat, dan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, media ini dapat menjadi pengganti yang berguna untuk mendorong pembelajaran matematika yang kontekstual dan menarik.    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025