Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi program hafalan Al-Qur’an dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Modern Islam Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka II Padang. Hafalan Al-Qur’an diyakini tidak hanya memberikan nilai spiritual, tetapi juga berdampak signifikan terhadap aspek kognitif dan afektif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menghafal Al-Qur’an dilaksanakan secara sistematis melalui program khusus, dengan alokasi waktu 8 jam per minggu dan pengelompokan berdasarkan kemampuan membaca dan hafalan siswa ke dalam tiga jenjang, yaitu Muhtadi, Wustha’, dan ‘Aly. Hal ini menunjukkan bahwa menghafal Al-Quran memiliki dampak yang positif antara dalam hasil capaian akademik siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan budaya menghafal Al-Qur’an berkontribusi signifikan dalam membentuk kedisiplinan, ketekunan, serta mendukung pencapaian akademik siswa secara holistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025