Pengembangan produk pembelajaran yang efektif memerlukan evaluasi yang menyeluruh melalui instrumen yang valid, praktis, dan efektif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji proses penyusunan instrumen evaluasi produk pembelajaran berbasis studi pustaka dengan pendekatan teoritis dan konseptual. Instrumen pengujian memiliki peran strategis dalam menjamin mutu produk pembelajaran yang dikembangkan oleh pendidik, khususnya dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Tiga aspek utama yang dianalisis meliputi validitas (kesesuaian isi dan konstruk terhadap tujuan pembelajaran), praktikalitas (kemudahan dan efisiensi penggunaan instrumen), serta efektivitas (kemampuan instrumen dalam menangkap dampak nyata terhadap hasil belajar). Penelitian ini juga menyoroti prosedur sistematis dalam pengembangan instrumen, mulai dari analisis kebutuhan, penyusunan indikator, validasi ahli, hingga uji coba instrumen. Selain itu, dibahas pula penggunaan model-model evaluasi seperti Tyler, CIPP, dan Kirkpatrick untuk meningkatkan kualitas dan akuntabilitas instrumen. Hasil kajian menegaskan bahwa instrumen yang dikembangkan secara ilmiah dapat menjadi alat kontrol mutu yang krusial dalam mendukung implementasi inovasi pendidikan yang adaptif dan kontekstual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025