Ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep matematika sering kali menjadi penyebab rendahnya kompetensi matematika mereka. Berdasarkan penelitian, siswa di SMAN 8 Padangsidimpuan masih mengalami kesulitan dalam memahami materi, terutama materi eksponen. Banyak siswa yang kesulitan dalam mengevaluasi soal dan mengaitkan pengetahuan yang diberikan dengan konsep matematika yang relevan. Pembelajaran juga dianggap membosankan dan kurang menarik. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran daring yang dapat dipercaya, praktis, dan efektif menggunakan aplikasi Quizizz. Penelitian yang menggunakan paradigma pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) ini melibatkan tiga puluh siswa kelas X di SMAN 8 Padangsidimpuan. Alat yang dihasilkan divalidasi oleh ahli bahasa, media, dan konten; kegunaannya dinilai oleh guru dan siswa; dan efektivitasnya diukur melalui uji coba kelompok kecil dan besar. Hasil validasi menunjukkan tingkat validitas yang tinggi, dengan nilai r-hitung berkisar antara 0,362 hingga 0,505. Media tersebut memiliki skor uji kepraktisan rata-rata 88%, yang menunjukkan bahwa alat tersebut sangat praktis. Berdasarkan pengujian efektivitas, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 6,27, yang menunjukkan bahwa media tersebut secara efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Oleh karena itu, alat evaluasi berbasis Quizizz dapat digunakan untuk mempelajari matematika, terutama saat mempelajari eksponen. Studi ini mendorong pengembangan keterampilan literasi matematika siswa dengan menawarkan alat penilaian digital yang canggih, relevan, dan mudah diakses.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025