Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan manajemen akreditasi di MIN 2 Kota Palangka Raya. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya akreditasi sebagai upaya penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi delapan standar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan sumber data utama kepala sekolah, wakil kepala, guru, serta dokumen akreditasi madrasah. Penelitian ini berfokus pada perencanaan dan pelaksanaan akreditasi yang dilakukan oleh MIN 2 kota palangka raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan akreditasi di MIN 2 Kota Palangka Raya dilakukan melalui penyusunan program berbasis standar akreditasi, pembentukan tim akreditasi, serta pemenuhan instrumen dan bukti fisik. Pelaksanaan akreditasi dilaksanakan secara sistematis melalui evaluasi diri sekolah, pemenuhan instrumen, hingga visitasi oleh asesor. Madrasah ini berhasil memperoleh akreditasi UNGGUL (A), yang menunjukkan manajemen akreditasi telah berjalan efektif. Temuan ini menegaskan bahwa manajemen akreditasi yang baik tidak hanya meningkatkan mutu pendidikan, tetapi juga memperkuat akuntabilitas publik dan daya saing lembaga pendidikan.
Copyrights © 2025