Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dalam mengenalkan al-quran kepada siswa MTs UNIVA Medan. Mengingat pentingnya peran keluarga dalam pendidikan agama, terutama di dalam mengenalkan Al-Qur'an sejak dini, penelitian ini berfokus pada pengaruh keterlibatan keluarga dalam pengajaran Al-Qur'an di rumah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus yang melibatkan partisipasi siswa serta orang tua mereka.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga sangat penting dalam pengajaran Al-Qur'an, baik secara langsung melalui bimbingan orang tua maupun secara tidak langsung melalui lingkungan yang mendukung. Selain itu, beberapa faktor yang mempengaruhi keterlibatan keluarga antara lain tingkat pendidikan orang tua, motivasi untuk mengajarkan agama, dan waktu yang tersedia untuk mendampingi anak dalam belajar. Penelitian ini juga menemukan bahwa keterlibatan keluarga yang intensif memiliki dampak positif terhadap kemahiran siswa siswi dalam menelaah dan mengamalkan Al-Qur'an.
Copyrights © 2023