Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berdiferensisi di MTsN 1 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metodeĀ eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Medan dan sampel dipilih menggunakan cluster random sampling yaitu kelas VII A diajar dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi dan kelas VII C diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Data penelitian menggunakan Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (TKPKM) yang berbentuk uraian sebanyak 10 butir. TKPKM telah diujicoba pada kelas VIII MTsN 1 Medan dan seluruh butir valid dengan angka reliabilitas Cronbach a sebesar r = 0,909 (kategori tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Implikasi praktisnya bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan strategi ini dapat menciptakan pembelajaran kooperatif yang interaktif dan kolaboratif. ABSTRACT The purpose of this study was to explain the effect of students' mathematical concept understanding ability taught with differentiated learning strategies at MTsN 1 Medan. This study used a quantitative approach and a quasi-experimental method with a pretest posttest control group design. The population included all students of class VII MTsN 1 Medan and the sample was selected using cluster random sampling, namely class VII A taught with differentiated learning strategies and class VII C taught with conventional learning strategies. The research data used the Mathematical Concept Understanding Ability Test (TKPKM) in the form of a description of 10 items. TKPKM has been tested on class VIII MTsN 1 Medan and all items are valid with a Cronbach a reliability figure of r = 0.909 (high category). The results of the study showed that the mathematical concept understanding ability of students taught with differentiated learning strategies was better than students taught with conventional learning strategies. The practical implication is that differentiated learning strategies are effective in improving students' mathematical concept understanding ability and this strategy can create interactive and collaborative cooperative learning.
Copyrights © 2025