Penelitian ini membahas tentang kesiapan pelaku wisata dalam mendukung edukasi remaja menjelang Indonesia Emas 2045, dengan studi kasus di wilayah Pantai Utara Jawa Tengah. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul dalam menghadapi bonus demografi dan tantangan global. Selama ini, studi mengenai Indonesia Emas lebih banyak menyoroti aspek pendidikan formal, ekonomi, dan demografi, sementara peran sektor pariwisata lokal jarang dikaji secara mendalam. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods), yaitu pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung dan pengelola destinasi wisata, serta pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pengelola wisata di Jepara, Demak, dan Tegal. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaku wisata memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap edukasi remaja, serta turut berkontribusi dalam pencapaian visi Indonesia Emas 2045. Edukasi remaja berperan penting dalam memperkuat karakter, wawasan kebangsaan, serta kesadaran lingkungan melalui kegiatan wisata edukatif berbasis pengalaman (experiential learning). Temuan penelitian ini menegaskan bahwa wisata pesisir dapat menjadi sarana strategis pendidikan non-formal bagi remaja. Novelty penelitian ini terletak pada integrasi sektor pariwisata dengan pembangunan SDM unggul dalam kerangka strategis Indonesia Emas 2045, suatu pendekatan yang jarang dilakukan dalam literatur sebelumnya. Penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi praktis berupa strategi kolaborasi antara pemerintah daerah, pengelola wisata, dan lembaga pendidikan, termasuk peluang pengembangan program studi baru terkait wisata bahari. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi teoretis terhadap literatur pariwisata dan pendidikan non-formal, tetapi juga menawarkan solusi implementatif bagi pembangunan SDM di tingkat lokal menuju tercapainya Indonesia Emas 2045.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025