JSM
Vol 2 No 2 (2025): Jurnal SINERGI Manajemen

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAANTERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK C&J DENTAL CARE JAKARTA BARAT

Ariyanti, Riska (Unknown)
Senen, Senen (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan pasien pada Klinik C&J Dental Care Jakarta Barat, untuk mengetahui Citra Perusahaan terhadap Kepuasan pasien pada Klinik C&J Dental Care Jakarta Barat dan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan pasien pada Klinik C&J Dental Care Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantiatif. Dengan populasi sebanyak 2198 menggunakan rumus slovin dengan sampel penelitian adalah 96 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi uji instrumen terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji Regresi linier berganda, koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis yang terdiri dari uji t secara parsial dan uji f secara simultan. Hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung > t tabel atau (12,235 > 1,986) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka Ho1 ditolak dan H1 diterima. Citra perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung > t tabel atau (13,080 > 1,986) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka Ho2 ditolak dan H2 diterima. Kualitas pelayanan dan citra perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F hitung > F tabel atau (99,643 > 3,090) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka Ho3 ditolak dan H3 diterima. Kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen berpengaruh Hasil nilai R-square (koefisien determinasi) sebesar 0,682 maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara bersamasama memiliki kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen 68,2 %, sedangkan sisanya 31,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor atau variabel lain yang tidak diteliti. 

Copyrights © 2025






Journal Info
JSM

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal SINERGI Manajemen membahas secara rinci berbagai penelitian empiris tentang topik bisnis, manajemen, dan pendidikan. Jurnal ini menyediakan wadah pertukaran keilmuan bagi akademisi, praktisi, dan peneliti mandiri dengan menerbitkan penelitian empiris yang berkualitas, yang berfokus pada ...