Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Agustus

Psikoedukasi Bullying Kepada Siswa Kelas 5 Di SD Negeri 14 Bangun Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir

Sari, Sindi Permata (Unknown)
Arisandy, Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Pendidikan mengenai bullying sangat penting untuk membangun kesadaran dan sikap yang tepat terhadap perilaku. Para siswa harus memahami bahwa bullying memiliki banyak dampak negatif yang serius. Dengan mengetahui dampak-dampaknya, siswa diharapkan dapat lebih peka dan tidak menganggap remeh perilaku bullying. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat yaitu Metode Sosialisasi dilakukan untuk memberikan informasi tentang dampak bullying kepada siswa di SDN 14 Tanjung Batu.  Hasil kegiatan pengabdian Masyarakat didapatkan hasil adanya psikoedukasi mengenai pada siswa kelas 5 di SDN 14 Tanjung Batu menerikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bullying. Melalui berbagai metode seperti pemberian materi, diskusi serta quis sehingga membuat siswa mampu mengenali berbagai bentuk bullying, memahami dampaknya, serta cara menghadapinya secara positif.Bullying memiliki dampak yang signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang bagi korban. Dampak jangka pendek dari bullying meliputi perasaan tertekan akibat penindasan, menurunnya minat dalam menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan guru, dan berkurangnya keinginan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jippm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia (JPIMI) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini memuat artikel hasil pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan inovasi pendidikan, model atau ...