Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5 No 2: Agustus 2025

Pengaruh Discovery Learning dengan pendekatan Inquiri Berbantuan Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD

Najwa, Erna Lutfiyatun (Unknown)
Ulia, Nuhyal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak model Discovery Learning dengan pendekatan inkuiri yang dibantu dengan aplikasi Wordwall terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V dalam sains. Menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest, 28 siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes esai yang mencakup indikator berpikir kritis seperti identifikasi masalah, analisis, penarikan kesimpulan, dan evaluasi solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dengan Wordwall menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Wordwall meningkatkan keterlibatan siswa, sedangkan pendekatan inkuiri memperkuat kemampuan ilmiah dan analitis mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan Discovery Learning dengan pendekatan inkuiri dan Wordwall efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam sains dan merekomendasikan penggunaan model tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendagogia

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada isu-isu utama dalam Belajar dan Pembelajaran, Penilaian dan Evaluasi, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, konten pelajaran pengembangan di sekolah dasar (Bahasa Indonesia, Sains, IPS, Matematika, PPKn, Pendidikan Seni), Bimbingan dan Konseling, ...