Penelitian ini memiliki tujuan untuk meingkatkan kemampuan literasi matematika melalui pembelajaran SQ3R ( Survey, Question, Read, Recite, Review) berbasis kearifan budaya lokal yang ada di Kota Salatiga dan dengan pendekatan berdiferensiasi pada peserta didik kelas 1 SD N Kecandran 01 Salatiga. Metode penelitian dengan menggunakan CAR (penelitian tindakan kelas) dari model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri atas 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dengan jumlah 28 peserta didik sebagai subjek penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari tindakan penelitian kelas menunjukkan adanya peningkatan presentase rata-rata kemampuan literasi matematika peserta didik, pada pra siklus sebesar 32%, dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 71%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penerapan model pembelajaran SQ3R ( Survey, Question, Read, Recite, Review) berbasis kearifan budaya lokal yang ada di Kota Salatiga dan dengan pendekatan berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025