Tulisan ini membahas tentang analisis multimodal pada brosur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Brosur sebagai media informasi cetak memiliki kekompleksitasan makna yang tidak hanya disampaikan melalui bahasa verbal, tetapi juga melalui unsur visual, tata letak, tipografi, dan simbol-simbol nonverbal lainnya. Kekayaan makna dalam brosur PMB menuntut adanya pendekatan analisis yang mampu mengungkap berbagai lapisan pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, analisis multimodal menjadi pendekatan yang relevan untuk memahami bagaimana makna dibentuk melalui kombinasi berbagai moda semiotik. Tulisan ini menggunakan teori linguistik sistemik fungsional (LSF) sebagai landasan teoretis. Model analisis multimodal dikembangkan dari perpaduan teori multimodal oleh Anstey & Bull (2010) dan kerangka kerja analisis visual oleh Kress dan Van Leeuwen (1996–2006). Hasil analisis menunjukkan bahwa brosur PMB mengandung sistem semiotik multimodal yang mencakup unsur linguistik, visual, gestural (melalui ekspresi dan posisi tokoh), serta spasial (melalui penataan elemen dalam halaman). Temuan ini menunjukkan bahwa pemaknaan brosur PMB tidak dapat dilepaskan dari interaksi antar moda semiotik yang saling mendukung dalam menyampaikan pesan promosi dan ajakan kepada calon mahasiswa.
Copyrights © 2025