Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 8 No 1 (2019)

Pelaksanaan Metode Resitasi Pembelajaran Pendidikanagama Islamdi Smpnegeri 35 Kota Pekanbaru

Sari, Devi Permata (Unknown)
Nasrul, Nasrul (Unknown)
Rosina, Rosina (Unknown)
Dayana, Putri (Unknown)
Intaniah, Dina (Unknown)
Lian, Dewi (Unknown)
Kuspermadi, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Pendidikan bukan tentang peserta didik yang dipaksa belajar setiap waktu sehingga peserta didik merasa terbebani karena merasa waktu habis untuk belajar. Tidak hanya di sekolah tetapi di rumah juga digunakan untuk belajar berupa menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan guru. Untuk itu diperlukan metode yang bisa diterapkan oleh guru untuk mengurangi beban peserta didik salah satunya metode resitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Pekanbaru di kelas VII dan IX. Metode dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik wawancara. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas VII dan kelas IX. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang mewawancarai subjek dengan beberapa pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memberi tugas kepada peserta didik berupa laporan shalat dan mengaji sebagai nilai pokok, serta hafalan surat juz 30 dan do’a sehari-hari sebagai nilai tambahan yang sifatnya berkesinambungan, akan tetapi metode resitasi belum dilaksanakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena masih menggunakan metode ceramah dan metode diskusi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...