Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 10 No 1 (2021)

Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid (Analisis Terhadap al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12- 19 Dalam Tafsir Ibnu Katsir)

Hambal, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2021

Abstract

Sasaran pendidikan karakter pada hakikatnya adalah mencapai nilia-nilai religius dan nilai- nilai etis yang diderivasi dari nilai-nilai ketuhanan. Maka urgensi membentuk karakter anak menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses pendidikan. Di dalam membentuk karakter anak tidak bisa lepas dari unsur ilahiyah sebagai pondasi dalam berfikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Urgensi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan tauhid dalam membentuk karakter anak yang terdapat didalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19 dalam tafsir Ibnu katsir. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif.  Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan tauhid pada hakikatnya menjadi pilar utama dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak. Pijakan karakter seyogyanya bersumber pada unsur tauhid sebagai suatu landasan teologis untuk mengimplementasikan nilai-nilai esoterik dari karakter itu. Di dalam QS. Surat Luqman dari ayat 12-19 kita ketahui bahwa yang dilakukan Luqman dalam memberikan nasehat dan pendidikan pada anaknya adalah tauhidullah. Yaitu memberikan pemahaman yang mendalam tentang makna tauhid sehingga menjadi pegangan yang kokoh dalam dirinya. Setelah tauhid diajarkan baru kemudian memberikan pengajaran yang lain seperti ibadah, syariah dan akhlak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...