Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 14 No 1 (2025)

Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Islam Di SD Muhammadiyah 1 Kebomas Gresik

Mukholladun Azka, Wildan (Unknown)
Ahyan Yusuf Sya’bani, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan metode Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah 1 Kebomas, dengan menitik beratkan pada peran guru, keterlibatan peserta didik, serta internalisasi nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan karena mampu menggali pengalaman, makna, dan dinamika pelaksanaan PBL secara mendalam. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi langsung di kelas, serta telaah dokumentasi yang relevan. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, melibatkan guru pengampu Al-Islam dan siswa kelas atas sebagai partisipan inti. Hasil penelitian mengungkap tiga aspek penting. Pertama, guru berfungsi sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk aktif membangun pengetahuan melalui proses pemecahan masalah. Kedua, penerapan PBL meningkatkan keterlibatan siswa, baik dalam diskusi kelompok, kerja sama, maupun pengembangan kemampuan berpikir kritis. Ketiga, model ini terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islami yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran tidak hanya menyentuh ranah kognitif, tetapi juga membentuk karakter, keterampilan sosial, dan spiritualitas siswa. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis bagi pengembangan literatur tentang PBL dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar, sekaligus memberikan manfaat praktis bagi guru dan lembaga pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif, partisipatif, dan berbasis nilai. Selain itu, penelitian ini relevan sebagai masukan kebijakan untuk memperkuat kurikulum berbasis karakter. Untuk penelitian mendatang, disarankan memperluas lingkup kajian pada sekolah dengan latar sosial-budaya yang beragam, agar diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang efektivitas PBL dalam pembelajaran Al-Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...