SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 9, No 5 (2025): September (In Progress)

Pemberdayaan guru dengan inovasi model PBL menggunakan Canva untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Harleni, Silvia (Unknown)
Mardiana, Mardiana (Unknown)
Dina, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Abstrak Banyak faktor yang menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah, salah satunya adalah ketidaksesuaian penggunaan model dengan materi, serta media pembelajaran yang digunakan. Guru sebagai salah satu komponen penentu proses belajar mengajar haruslah terampil mendayagunakan model dan media agar menjamin keberhasilan proses belajar mengajar.  Salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan untuk dikuasai guru adalah model PBL (Problem Based Learning). Model PBL mengutamakan keaktifan siswa dalam berfikir kritis dan selalu terampil ketika dihadapkan pada penyelesaian suatu permasalahan. Selain model pembelajaran yang tepat, media pendukung juga dibutuhkan dalam proses belajar matematika agar tercipta pembelajaran inovatif dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dengan maksimal. Salah satu media pembelajaran yang inovatif dan interkatif adalah aplikasi canva. Canva merupakan aplikasi desain online yang dapat membuat kegiatan pembelajaran peserta didik lebih terfokus dalam memahami pelajaran karena tampilannya yang menarik dan kreatif. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan pemberdayaan guru dalam meningkatkan keterampilan mengajar dengan Inovasi model PBL berbantukan media berupa aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Mitra sasaran pengabdian ini adalah guru-guru MTs Miftahul Khair. Setelah melaksanakan pengabdian ini, guru menjadi mengetahui, memahami, dan dapat menerapkan model PBL menggunakan aplikasi canva, serta terjadi peningkatan pada hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: PBL; Canva; hasil belajar matematika. Abstract Many factors contribute to low student mathematics learning outcomes, including the mismatch between the model used and the material used, as well as the learning media used. Teachers, as a key component in the teaching and learning process, must be skilled at utilizing models and media to ensure the success of the teaching and learning process. One of the recommended learning models for teachers to master is the PBL (Problem Based Learning) model. The PBL model prioritizes student activeness in critical thinking and always being skilled when faced with solving a problem. In addition to the appropriate learning model, supporting media are also needed in the mathematics learning process to create innovative and interactive learning, thereby maximizing learning outcomes. One such innovative and interactive learning medium is the Canva application. Canva is an online design application that can make students' learning activities more focused on understanding the lesson because of its attractive and creative appearance. The purpose of this community service is to empower teachers in improving their teaching skills with the innovative PBL model assisted by media in the form of the Canva application to improve students' mathematics learning outcomes. The target partners for this service are teachers of MTs Miftahul Khair. After carrying out this community service, teachers learned, understood, and were able to apply the PBL model using the Canva application, and students' mathematics learning outcomes improved. Keywords: PBL; Canva; mathematics learning outcomes.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...