SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 9, No 5 (2025): September (In Progress)

Pelatihan pemanfaatan panel surya untuk teknologi di SMP Negeri 3 Kediri

Endriantono, Dafit Ody (Unknown)
Mahardhika, Yesta Medya (Unknown)
Habibi, Muhammad Nizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2025

Abstract

Abstrak Rendahnya literasi energi terbarukan di tingkat sekolah menjadi tantangan dalam mendukung transisi energi nasional. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi fotovoltaik kepada siswa dan guru SMP Negeri 3 Kediri, meningkatkan pemahaman konseptual dan minat mereka terhadap energi terbarukan, serta memberikan keterampilan praktis awal dalam rekayasa teknologi sederhana. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, demonstrasi perakitan langsung mobil tenaga surya sederhana, dan diskusi interaktif yang dilaksanakan dalam satu hari sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif yang sangat tinggi dari siswa dan guru. Metode demonstrasi terbukti efektif dalam mengubah konsep abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret dan memotivasi. Adanya komitmen dari guru untuk mereplikasi proyek secara mandiri menunjukkan potensi keberlanjutan program. Kegiatan ini menjadi model intervensi edukatif yang efisien dan dapat direplikasi untuk menumbuhkan budaya inovasi energi berkelanjutan sejak dini. Kata kunci: energi terbarukan; panel surya; literasi energi; projek penguatan profil pelajar pancasila; edukasi teknologi. Abstract Low renewable energy literacy at the school level poses a significant challenge to supporting the national energy transition. This community service activity aimed to introduce photovoltaic technology to the students and teachers of SMP Negeri 3 Kediri, enhance their conceptual understanding and interest in renewable energy, and provide foundational practical skills in simple technological engineering. The methodology involved an introductory session, a live assembly demonstration of a simple solar-powered car, and an interactive discussion, conducted as a part of the Pancasila Student Profile Reinforcement Project (P5). The results showed exceptionally high enthusiasm and active participation from both students and teachers. The demonstration method proved effective in transforming abstract concepts into a tangible and motivating learning experience. Furthermore, the commitment shown by teachers to independently replicate the project indicates the program's potential for sustainability. This activity serves as an efficient and replicable educational intervention model for fostering a culture of sustainable energy innovation from an early age. Keywords: renewable energy; solar technology; energy literacy; pancasila student character development; technology-based learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...