AbstrakAnak berkebutuhan khusus (ABK) sering kali menghadapi hambatan dalam mengembangkan keterampilan bantu diri (self-help skills) dan keterampilan hidup (life skills) yang penting bagi kemandirian dan integrasi sosial mereka. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas orang tua dalam melatih kedua keterampilan tersebut pada anak mereka. Kegiatan ini dilakukan melalui seminar parenting, diskusi kelompok, dan penyebaran kuesioner kepada para orang tua ABK. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua telah menyadari pentingnya keterampilan bantu diri sebagai fondasi utama, dan memahami bahwa keterampilan hidup merupakan kelanjutan dari kemampuan dasar yang harus dilatih secara konsisten. Diskusi kelompok juga memperlihatkan praktik-praktik efektif yang digunakan orang tua, seperti pelabelan barang, penggunaan alat bantu visual, dan manajemen perilaku. Kegiatan ini berhasil menciptakan ruang berbagi antar orang tua serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran keluarga dalam membentuk kemandirian anak ABK. Hasil ini menegaskan perlunya penguatan dukungan berkelanjutan melalui pelatihan lanjutan dan kolaborasi lintas profesi guna memperluas dampak jangka panjang kegiatan serupa. Kata kunci: anak berkebutuhan khusus; keterampilan bantu diri; keterampilan hidup; kemandirian; peran orang tua. AbstractThis community service activity aims to increase parental awareness and competence in teaching self-help skills and life skills to children with special needs. These skills are essential for children with special needs to gain independence and interact with their environment. The method used in this program includes seminars and questionnaires distributed to parents. The data collected from the questionnaires and seminar notes were analyzed qualitatively. The results show that parents understand the importance of self-help skills—such as eating, bathing, and dressing—as the foundation for more complex life skills, including social interaction, communication, and understanding social norms. Several parents shared practical strategies and aspirations regarding their children's future abilities. Through this activity, parents also gained insight into how consistent training and motivation play a key role in developing these skills. The outcomes of the community service indicate a positive change in parents’ perspectives and readiness to support their children. This program demonstrates the importance of providing structured and sustainable support for families with children with special needs. Keywords: children with special needs; independence; life skills; parental role; self-help skills.
Copyrights © 2025