Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Vol 7 No 2 (2025): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)

Integration of Madrasah Ibtidaiyah Learning with Madrasah Diniyah Takmiliyah: Advantages and Challenges

Aulia, Nur Mufiqotul (Unknown)
Kirom, Askhabul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji integrasi pembelajaran antara Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Diniyah Takmiliyah sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah dengan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis studi kasus, melalui pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di madrasah Miftahul Ulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran mampu memperkuat fondasi keagamaan siswa, meningkatkan keselarasan materi,model pembelajaran, dan kegiatan antara madrasah ibtidaiyah dan madrasah diniyah takmiliyah, serta mendukung pengembangan karakter dan kompetensi siswa secara menyeluruh. Implikasi dari temuan ini adalah dengan adanya efektifitas waktu yang tidak efisien perlunya Madrasah Ibtidaiyah dengan Madrasah Diniyah Takmiliyah diintegrasikan menjadi satu efektifitas waktu yang teratasi dan sebagai pembekalan peserta didik lebih siap secara mental untuk mondok, penanaman karakter yang agamis sejak dini. Penyusunan kebijakan pendidikan yang mendukung sinergi antara kedua jenjang madrasah, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pemahaman agama yang mendalam sehingga mencetak generasi yang cerdas secara intelektual dan kuat secara spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Other

Description

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance ...