Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2024): Juli

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD

Khoridha, Arifathul (Unknown)
Hartoto, Hartoto (Unknown)
Nurwahida, Nurwahida (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa di kelas V UPT SPF SDN 41 Matekko masih menunjukkan tingkat rendah, disebabkan oleh dominasi penggunaan metode ceramah dalam penyampaian materi oleh guru. Guru kurang menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi kehidupan nyata, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V UPT SPF SDN 41 Matekko melalui penerapan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus melibatkan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes formatif dan non-tes seperti observasi dan dokumentasi. Pada siklus I, rata-rata nilai mencapai 68,14 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%. Pada siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 84,31 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 90%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas V di UPT SPF SDN 41 Matekko.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...