Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP)
Vol. 3 No. 2 (2025): April

Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Ajar PJOK Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional Khas Daerah

Amri Firmansyah Depari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mendesak dalam pengembangan modul ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang terintegrasi dengan permainan tradisional khas daerah, khususnya di SD Negeri 014 Teluk Piyai Pesisir, Kabupaten Rokan Hilir. Latar belakang penelitian adalah minimnya variasi pembelajaran PJOK yang cenderung monoton dan belum optimalnya pemanfaatan kekayaan budaya lokal, khususnya permainan rakyat, sebagai sumber belajar yang kontekstual dan rekreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode survei dan wawancara. Subjek penelitian meliputi 2 orang guru PJOK, 40 siswa kelas IV dan V, serta Kepala Sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, penyebaran angket kebutuhan guru dan siswa, serta wawancara mendalam. Hasil analisis menunjukkan bahwa 92,5% siswa menyatakan sangat bosan dengan materi PJOK yang itu-itu saja, sementara 100% guru mengakui kesulitan dalam merancang materi yang kontekstual dan membutuhkan panduan rinci untuk mengintegrasikan permainan tradisional seperti "Galah Panjang" atau "Cak Bur". Kesimpulannya, terdapat kesenjangan signifikan antara kebutuhan akan pembelajaran yang menarik dan ketersediaan sumber belajar yang inovatif. Analisis ini menegaskan urgensi untuk segera mengembangkan Modul Ajar PJOK Berbasis Permainan Tradisional Khas Daerah yang memuat langkah-langkah adaptasi permainan, indikator pencapaian kompetensi, dan instrumen penilaian autentik. Modul ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan melestarikan budaya lokal melalui PJOK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jhpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan hasil penelitian dan ...