Abstrak: Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Flipped-Classroom berbasis media ajar dan Self-regulated Learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Informatika. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 6 Mataram, Kecamatan Selaparang Kota Mataram dengan menggunakan metode eksperimen semu atau quasi experimental. Pengambilan sampel menggunakan simple-random sampling yang dilakukan kepada 28 siswa kelas 9 SMP Negeri 6 Mataram tahun Pelajaran 2024/2025. Data dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar Informatika siswa yang diberikan metode pembelajaran Flipped-Classroom berbasis media ajar lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diberikan metode konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara Self-regulated Learning dengan metode pembelajaran Flipped-Classroom berbasis media ajar terhadap hasil belajar Informatika, dan (3) bagi siswa yang memiliki Self-regulated Learning tinggi, hasil belajar Informatika yang diberikan metode pembelajaran Flipped-Classroom berbasis media ajar lebih tinggi dari pada metode pembelajaran konvensional. Uji coba selanjutnya diharapkan untuk menemukan metode pembelajaran yang lebih tepat untuk siswa yang memiliki Self-regulated Learning rendah terhadap hasil belajar Informatika.
Copyrights © 2025