Jurnal Diferensiasi: Jurnal Hasil Penelitian, Pengembangan dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2025): Juni

ZN. Pengaruh Pembelajaran Flipped-Classroom Berbasis Media Ajar dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa

Zinnurain (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Abstrak: Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Flipped-Classroom berbasis media ajar dan Self-regulated Learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Informatika. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 6 Mataram, Kecamatan Selaparang Kota Mataram dengan menggunakan metode eksperimen semu atau quasi experimental. Pengambilan sampel menggunakan simple-random sampling yang dilakukan kepada 28 siswa kelas 9 SMP Negeri 6 Mataram tahun Pelajaran 2024/2025. Data dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar Informatika siswa yang diberikan metode pembelajaran Flipped-Classroom berbasis media ajar lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diberikan metode konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara Self-regulated Learning dengan metode pembelajaran Flipped-Classroom berbasis media ajar terhadap hasil belajar Informatika, dan (3) bagi siswa yang memiliki Self-regulated Learning tinggi, hasil belajar Informatika yang diberikan metode pembelajaran Flipped-Classroom berbasis media ajar lebih tinggi dari pada metode pembelajaran konvensional. Uji coba selanjutnya diharapkan untuk menemukan metode pembelajaran yang lebih tepat untuk siswa yang memiliki Self-regulated Learning rendah terhadap hasil belajar Informatika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JDPK

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Diferensiasi: Jurnal Hasil Penelitian, Pengembangan dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan (JDPK) is a journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, ...