Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Contextual Teaching Learning dengan model pembelajaran inkuiri terhadap literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest control group. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t satu pihak kanan, uji N-gain, uji ketuntasan individu, dan ketuntasan klasikal. Hasil dari penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest literasi sains kelas eksperimen 79,90 dan kelas kontrol 75,40. Hasil uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan pada nilai posttest diperoleh harga thitung sebesar 2,37 lebih dari t(0,95)(73) sebesar 1,99 yang berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji N-gain kelas eksperimen 0,72 dan kelas kontrol 0,63. Uji ketuntasan individu kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut diperoleh thitung sebesar 3,88 dan 0,28 dengan ttabel sebesar 2,03 yang berarti hanya kelas eksperimen yang telah mencapai ketuntasan lebih besar dari 75 (KKM). Ketuntasan klasikal kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut diperoleh 77,78% dan 58,97% yang berarti kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching Learning dengan model pembelajaran inkuiri efektif terhadap literasi sains siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017