Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences
Vol. 4 No. 3 (2025): Matematika, IPA, dan Pembelajarannya

Efektivitas Penggunaan Quizizz dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri Satap 3 Bontocani Kabupaten Bone

Sabri, Sabri (Unknown)
Miftahul Jannah (Unknown)
Rusli (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Quizizz dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri Satap 3 Bontocani, Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Sampel dipilih menggunakan teknik stratified cluster random sampling dengan ukuran sampel 21 siswa. Perlakuan yang diberikan adalah penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran matematika. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen di SMP Negeri Satap 3 Bontocani mengalami peningkatan yang besar dari 14,9 (pretest) menjadi 81,3 (posttest). Rata-rata normalized-gain pretest-posttest mencapai 0,8 dan tergolong kategori tinggi. Persentasi siswa yang mencapai KKM sebesar 90%. Secara inferensial, rata-rata hasil belajar siswa secara signifikan mencapai standar KKM (minimal 75 dari skor maksimal ideal 100). Demikian juga, rata-rata normalized-gain dari hasil belajar siswa secara signifikan berada di atas 0,3 (kategori sedang). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran matematika di SMP Negri Satap 3 Bontocani efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

venn

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Physics Other

Description

Mathematics and Natural Sciences Education Learning Innovation Development of Mathematics and Natural Sciences Education Sciences Aplication of Mathematics and Natural Sciences Education Actuarial Technology Based of Learning Mathematics and Natural Sciences Study of Learning Mathematics and Natural ...