Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Quizizz dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri Satap 3 Bontocani, Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Sampel dipilih menggunakan teknik stratified cluster random sampling dengan ukuran sampel 21 siswa. Perlakuan yang diberikan adalah penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran matematika. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen di SMP Negeri Satap 3 Bontocani mengalami peningkatan yang besar dari 14,9 (pretest) menjadi 81,3 (posttest). Rata-rata normalized-gain pretest-posttest mencapai 0,8 dan tergolong kategori tinggi. Persentasi siswa yang mencapai KKM sebesar 90%. Secara inferensial, rata-rata hasil belajar siswa secara signifikan mencapai standar KKM (minimal 75 dari skor maksimal ideal 100). Demikian juga, rata-rata normalized-gain dari hasil belajar siswa secara signifikan berada di atas 0,3 (kategori sedang). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran matematika di SMP Negri Satap 3 Bontocani efektif.
Copyrights © 2025