J-CEKI
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Dampak Permainan Daring Mobile Legends terhadap Karyawan: Sebuah Kajian Etnograf

Sinaga, Rifko (Unknown)
Haikal, Jerry (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2025

Abstract

Game online ini adalah salah satu kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat khususnya di Indonesia. Salah satu fenomena nya adalah popularitas permainan yang dimainkan banyak orang baik di kalangan orang dewasa maupun di kalangan para pekerja kantoran. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dampak game mobile legend pada karyawan di lingkungan kerja di suatu Perusahaan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode  etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dampak  karyawan yang senang memainkan game mobile legend di lingkungan kerja. Menghilangkan stress dan menjadikan hiburan  pada saat bekerja. Dengan ada game mobile legend menjadikan karyawan memiliki relasi yang lebih banyak Permainan mobile legend merupakan permainan yang asik dan bisa menambah relasi karena mobile legend merupakan salah satu game e-sport yang sudah terkenal. Selain itu, game mobile legend juga dapat menjadi salah satu hiburan seorang karyawan yang sudah bekerja seharian di kantor. Game mobile legend juga dapat meningkatkan kerjasama dan kekompakkan team dalam mengatur strategi pertahanan dan kemenangan. Sedangkan dampak negatif dari senang memainkan game mobile legend ialah membuat waktu istirahat karyawan berkurang karena adanya ketergantungan dalam bermain game mobile legend.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...