Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah kurikulum yang menawarkan fleksibilitas dan otonomisasi belajar yang mendorong mahasiswa untuk mengembangkan minat dan membentuk kemampuannya sendiri melalui kebebasan memilih satu dari serangkaian program yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal individu, yakni efikasi diri yang mempengaruhi persepsi. Efikasi diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya terkait dengan penyelesaian tugas-tugas, sementara persepsi adalah proses memaknai informasi yang diterima untuk selanjutnya ditampilkan respon yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyusun skala variabel penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan teknik simple random sampling. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrument, kategorisasi data, dan uji linieritas untuk melihat hubungan kedua variabel. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji linieritas sebesar 0,989 dengan nilai signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan efikasi diri dengan persepsi mahasiswa dalam menghadapi program MBKM.
Copyrights © 2025