Partisipasi siswa merupakan faktorpenting untuk menentukan keberhasilan dalamproses pembelajaran. Namun, hasil observasi di kelas 2A SD Inpres 1 Tondo menunjukkan bahwapatisipasi siswa di dalam proses pembelajaran masihtergolong rendah. Kondisi tersebut menunjukkanperlunya penerapan media pembelajaran yang lebihinovatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan partisipasi siswa melalui penggunaanmedia Wordwall berbantuan flashcard pada matapelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakanadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis McTaggart yang terdiri dari dua siklus, dengan subjek sebanyak 22 orang siswa. Data diperoleh melalui observasi menggunakan lembarobservasi partisipasi siswa dengan indikatormenjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, mengerjakan tugas, dan bekerja sama dalamkelompok. Analisis dilakukan secara kuantitatifmelalui persentase ketercapaian dan kualitatifmelalui deskripsi hasil observasi. Hasil penelitianmenunjukkan adanya peningkatan signifikan dariprasiklus hingga siklus II. Pada prasiklus partisipasisiswa sebesar 22,7% (5 siswa), meningkat menjadi54,5% (12 siswa) pada siklus I, dan mencapai 86,4% (19 siswa) pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan media Wordwall berbantuan flashcard efektif meningkatkan partisipasi belajar karenamampu menciptakan suasana belajar yang lebihmenarik, menyenangkan, interaktif dan sesuaidengan karakteristik siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025