Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memiliki program vaksinasi Covid-19 menciptakan herd immunity untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Masyarakat membutuhkan keaktualan dan kefaktualan dalam mencari informasi mengenai vaksinasi Covid-19. Maka, kemenkes memanfaatkan media sosial Instagram untuk memberikan informasi kesehatan khususnya vaksinasi Covid-19. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana interaktivitas akun media sosial Instagram @Kemenkes_RI sebagai media informasi vaksinasi Covid-19. Sebuah media sosial memiliki interaktif yang lebih tinggi sehingga pesan atau informasi dapat tersebar luas secara efektif. Media sosial dapat membentuk komunikasi dua arah yang interaktif, dimana proses itu memiliki pengaruh dalam menerima dan memberikan pesan. Penelitian ini menggunakan teori CMC Interactivity Model yang dikemukakan oleh Mohmoud dan Auter (2009). Dalam teknik pengumpulan data secara keseluruhan menggunakan dokumentasi pada akun media sosial Instagram @Kemenkes_RI. Hasil dari penelitian ini, adanya bentuk interaktivitas menurut MC Millan pada akun media sosial instagram @Kemenkes_RI yaitu user to system dimana peneliti menggunakan fitur like, views, dan komentar, user to user interaksi pada kolom komentar dan user to document memodifikasi isi pesan yang disampaikan. Peneliti menyimpulkan bahwa jenis pesan komunikasi dalam penelitian ini adalah jenis pesan komunikasi responsive dan interaktivitas yang paling dominan yaitu user to system dan user to user
Copyrights © 2025