Suatu organisasi pemerintah yang harus dapat mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada dan bagaimana pengolahannya. Sumber daya dalam hal ini adalah upaya peningkatan sumber daya manusia untuk mewujudkan/mendorong peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan kemasyarakatan antara lain Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP-El), Surat Keterangan Pindah (SKPWNI/SKDWNI) dan Kartu Indentitas Anak (KIA) diperlukan oleh warga/masyarakat di Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan oleh Kantor Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Teknik/metode penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa dan fenomena yang terjadi di lapangan serta menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan dikenal dengan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan informasi dilakukan dengan menggunakan prosedur wawancara dan dokumentasi. Triangulasi sumber data merupakan metode yang digunakan peneliti untuk memvalidasi data penelitian. Dalam penelitian ini, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan tiga komponen analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty serta indikatornya telah diimplementasikan dalam kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Namun, terdapat beberapa indikator yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Hal tersebut antara lain ketidaknyamanan yang disebabkan oleh lokasi pelayanan dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya penguasaan pegawai terhadap alat pelayanan, dan kurangnya keramahan pegawai selama proses pelayanan. Minimnya sarana prasarana dan kepegawaian di Kantor Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo menghambat pelayanan administrasi kependudukan. Antusiasme karyawan satu sama lain, diadakannya rapat koordinasi atau semacam evaluasi setiap tiga bulan sekali, dan kesadaran melayani masyarakat secara jujur dan sesuai dengan hati nurani menjadi faktor pendukungnya. Komponen pendukung lainnya adalah adanya kantor sebagai aparatur untuk bekerja dengan bantuan interaksi. Kata kunci : Administrasi, Kualitas, Peningkatan, Pelayanan, Upaya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023